Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Laporan Keuangan Tahun 2013 Yang Berkualitas

Posted by Unknown Thursday 2 January 2014 2 comments
Proses pelaksanaan anggaran tahun 2013 telah selesai. Tidak terasa sudah 1 tahun pencairan dana APBN berjalan. Kini saatnya membuat pertanggungjawaban atas pelaksanaan anggaran. Bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran adalah dengan menyusun Laporan Keuangan. Tentunya dalam menyusun Laporan Keuangan harus yang berkualitas dan tidak asal-asalan.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan keuangan tahun 2013 yang berkualitas :

1. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
  • Memastikan bahwa tidak terdapat pagu dengan nilai minus pada LRA.
  • Memastikan PNBP dalam LRA adalah  semua pendapatan K/L sesuai dengan tugas dan fungsinya.  
  • Memastikan bahwa PNBP dipungut dengan tarif sesuai PP, disetor tepat waktu dan digunakan sesuai dengan mekanisme APBN.
  • Memastikan bahwa tidak terdapat kesalahan dalam klasifikasi belanja atas realisasi pengeluaran yang dilakukan.
  • Memastikan bahwa proses pengadaan barang dan jasa telah dilakukan dengan efektif dan efisien serta dilakukan sesuai peraturan yang berlaku.
  • Memastikan bahwa setiap pengeluaran telah didukung oleh bukti-bukti yang akuntabel dan sah khususnya dalam belanja perjalanan dinas. 

2. Neraca
  • Saldo Kas di Bendahara Pengeluaran pada akhir tahun anggaran adalah nihil. 
  • Nilai piutang pada neraca  adalah semua piutang yang yang dimiliki oleh K/L dan atas piutang tersebut telah dilakukan penyisihan piutang tak tertagih berdasarkan kualitas piutang masing-masing debitur.
  • Memastikan bahwa saldo persediaan di neraca adalah semua persediaan yang dimiliki K/L dengan didukung oleh Berita Acara Opname fisik 
  • Memastikan persediaan telah dilakukan penatausahaan dan pengendalian yang memadai dan semua transaksi telah dicatat dalam SIMAK-BMN.
  • Aset Tetap yang dilaporkan pada neraca adalah semua aset tetap yang dimiliki oleh K/L dan didukung dengan dokumen sumber yang memadai. 
  • Telah dilakukan penatausahaan dan pengendalian (pengamanan) atas aset tetap yang dimiliki dengan memadai. 

3. Pengungkapan

Pengungkapan yang memadai pada Catatan atas Laporan Keuangan atas transaksi atau kejadian yang memerlukan penjelasan lebih rinci atau yang diharuskan oleh Standar Akuntansi pemerintahan. 

Kebijakan akuntansi terbaru terkait perlakuan akuntansi atas transaksi akhir tahun anggaran yang terkait dengan penyisihan Piutang PNBP yang kemudian dibayar lunas setelah tanggal neraca, jaminan penyelesaian pekerjaan dan jaminan pemeliharaan terdapat dalam S-9284/PB/2013 tentang Kebijakan Akuntansi Pada Akhir Tahun Anggaran Dalam Rangka Penyusunan LKKL 2013.

4. Temuan dan Rekomendasi BPK RI

Terhadap Temuan dan Rekomendasi BPK RI atas Hasil Pemeriksaan, diharapkan:
  • Seluruh Kementerian Negara/Lembaga agar segera menyelesaikan tindak lanjut dan melaksanakan rekomendasi BPK dan mengupayakan secara maksimal agar temuan-temuan tersebut tidak menjadi temuan berulang.
  • Mengintensifkan peranan Aparat Pengawas Intern Pemerintah sebagai pengawas dalam pelaksanaan anggaran, mitra pendamping dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan serta penyelesaian tindak lanjut temuan dan rekomendasi BPK
Demikian tadi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan keuangan tahun 2013 yang berkualitas. Jika ada teman-teman memiliki masukan tentang penyusunan laporan keuangan tahun 2013, silahkan tulis di komentar. Tulisan akan Ben update jika ada masukan dari teman-teman.

Semoga bermanfaat

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2014/01/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam.html?m=0. Judul: Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Laporan Keuangan Tahun 2013 Yang Berkualitas
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5

2 comments:

kay said...

boleh copy ya tterimakasih

Unknown said...

silahkan :)

Post a Comment

Harap maklum jika komentar lambat dibalas

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.