Update Aplikasi SPM 2014 Versi 14.2.1

Posted by Unknown Tuesday 14 October 2014 21 comments
Perkembangan Update Aplikasi SPM 2014 Versi 14.2.1 terdiri dari :
  - Perbaikan Modul Silabi Pengeluaran
    # Perubahan posting rule Transaksi BPP
  - Perbaikan Modul Silabi Pengeluaran
    # Perbaikan posting rule
    # Perbaikan RUH Transaksi
    # Perbaikan Pembuatan Berita Acara
    # Perbaikan Cetak LPJ
  - Perbaikan Menu Catat Nomor SP2D
  - Perbaikan Menu Kontrak terkait penambahan jumlah termin
  - Perbaikan Menu Kirim Data SPM ke Silabi
  - Perbaikan Menu RUH SPP
  - Perbaikan perhitungan sisa UP/TUP

Sejak update spm 14.2.1 alur cetakan ada perubahan, sebelum rekam BA pilih pejabat dulu agar nama pejabat muncul saat dicetak. Hal ini untuk menyesuaikan dengan satker tni polri cetakan pejabat ada pangkatnya. Jadi teman-teman yang mengalami masalah nama pejabat tidak muncul di BA, solusinya pilih pejabat dulu lalu buat BA ulang.

Sebelum melakukan update jangan lupa untuk backup database dan aplikasi versi 14.2.1 !!

Ben sediakan 3 link download untuk menghindari lambatnya download karena banyak yang akses bersamaan. Silahkan pilih salah satu link yang lancar. Selamat bekerja..



 Download Cara Update Aplikasi SPM Versi 14.2.1
Download Template Lampiran


Jika ada yang mengalami masalah setelah melakukan update SPM versi 14.2.1, silahkan coba menggunakan perbaikan update SPM versi 14.2.1. Jangan lupa backup sebelum update..


Cara Install Perbaikan Update SPM 14.2.1 :
  • Klik kanan file perbaikan 
  • Pilih run as administrator
  • Klik Install
  • Klik Yes To All

Baca Selengkapnya ....

Pembayaran Kembali Retur SP2D Pada KPPN Piloting SPAN

Posted by Unknown Friday 10 October 2014 0 comments

Pembayaran Kembali Retur SP2D Pada KPPN Piloting SPAN diatur dalam Peraturan Dirjen Pebendaharaan Nomor PER-30/PB/2014 tentang Mekanisme Penyelesaian dan Penatausahaan Retur Surat Perintah Pencairan Dana Dalam Rangka Implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).

Syarat-Syarat Permintaan Pembayaran Kembali Retur SP2D
Berdasarkan surat pemberitahuan retur dari KPPN, satker menyampaikan Surat Ralat/Perbaikan Rekening (download versi Word) dengan dilampiri :
  1. SPTJM sesuai format pada Lampiran IV PER-30/PB/2014 (downlod versi Word)
  2. ADK untuk pendaftaran data supplier apabila Supplier belum pernah didaftarkan ke SPAN atau Data Supplier yang didaftrakan memerlukan perubahan pada nama bank dan/atau nomor rekening
  3. Surat Permintaan Perubahan Data Supplier apabila perubahan data supplier selain nama bank dan/atau nomor rekening sesuai format dalam lampiran V PER-30/PB/2014
  4. ADK perubahan data kontrak apabila perubahan data supplier mengakibatkan perubahan data kontrak yang telah didaftarkan di SPAN
Pembayaran kembali retur SP2D pada KPPN Piloting SPAN berbeda dengan KPPN Non SPAN. Jika pada KPPN Non SPAN pencairan kembali hanya berdasarkan surat ralat dari KPPN kepada Bank Operasional, pada KPPN Piloting SPAN pencairan kembali berdasarkan SP2D satker KPPN sebagai Kuasa BUN. Jadi alur pencairan kembali menjadi lebih panjang karena harus melalui tahap pembuatan SPP => SPM => SP2D.

Selain itu tahap pemberitahuan retur SP2D ke satker juga menjadi lebih lama karena Bank Operasional tidak langsung menginformasikan retur tersebut ke KPPN, tetapi menginformasikan ke Direktorat Pengelolaan Kas Negara. Selanjutnya Direktorat PKN yang akan menginformasikan ke KPPN. 

Jadi teman-teman perlu lebih berhati-hati dalam pengisian data suplier agar tidak terjadi retur yang mengakibatkan lambatnya pencairan dana ke rekening penerima.


Baca Selengkapnya ....
TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.