Penyusunan Laporan Keuangan K/L Semester I 2013

Posted by Ben dahara Friday, 5 July 2013 0 comments
Dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Semester I Tahun 2013, Direktur Akuntansi  dan Pelaporan Direktorat Jenderal Perbendaharaan mengeluarkan petunjuk Laporan Keuangan Semester I Tahun 2013 melalui Surat Nomor S-4215A/PB/2013 tanggal 18 Juni 2013.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2013 adalah sebagai berikut :
  1. Apabila terdapat informasi pendapatan dan belanja secara akrual maka harus disajikan pada Neraca per 30 Juni 2013
  2. Untuk meningkatkan kualitas informasi keuangan maka Neraca semester I disajikan dengan membandingkan Neraca per 30 Juni 2013 dengan Neraca per 31 Desember 2012
  3. Dalam hal terdapat barang yang akan dijual atau diserahkan kepada masyarakat sampai dengan tanggal pelaporan masih dalam proses pembangunan maka atas pengeluaran-pengeluaran yang dapat diatribusikan untuk pembentukan aset tersebut agar disajikan sebagai neraca. Selanjutnya transaksi tersebut diungkapkan dalam CaLK secara memadai
  4. Diwajibkan menyajikan akumulasi penyusutan serta mengungkapkan informasi berkenaan dalam CaLK. Informasi sekurang-kurangnya memuat nilai penyusutan, metode penyusuan yang digunakan, masa manfaat atau tarif penyusutan yang digunakan dan nilai tercatat bruto serta akumulasi penyusutan pada awal dan akhir periode. Contoh ilustrasi penyajian terdapat dalam S-4215A/PB/2013.
  5.  Aset Tetap yang hilang, rusak berat dan/atau usang yang telah diusulkan penghapusannya, agar dicantumkan dalam Neraca dan diungkapkan secara memadai dalam CaLK. Terhadap Aset Tetap tersebut tidak dilakukan penyusutan.
  6. Aset Tetap dalam kondisi rusak berat yang tidak digunakan lagi dan dihentikan sementara dari penggunaan namun belum diusulkan penghapusan maka disajikan ke dalam kelompok Aset Lainnya dan tetap disusutkan
  7. Aset Tetap dalam kondisi rusak berat yang masih digunakan dan tidak diusulkan penghapusannya maka tetap disajikan sebagai Aset Tetap dan tetap disusutkan
Dalam  S-4215A/PB/2013 ini terdapat contoh CaLK terbaru yang mengakomodir pengungkapan akumulasi penyusutan dan beberapa tabel akumulasi penyusutan yang harus disajikan sebagai lampiran dalam Laporan Keuangan Semester I Tahun 2013.

Contoh Laporan Keuangan Semester I Tahun 2013 (format word) bisa didownload disini

Bagi yang ingin membaca detail S-4215A/PB/2013, silahkan unduh surat tersebut dari brankas Ben Dahara.

Download S-4215A/PB/2013

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Judul: Penyusunan Laporan Keuangan K/L Semester I 2013
Ditulis oleh Ben dahara
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2013/07/penyusunan-laporan-keuangan-kementerian.html.

0 comments:

Post a Comment

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.