Installer dan Petunjuk Aplikasi SAIBA

Posted by Unknown Sunday 22 June 2014 8 comments





Dalam rangka penerapan akuntansi berbasis akrual pada tahun 2015, Kementerian Keuangan semakin sering mengadakan sosialisasi kepada stakehoder. Masih banyak diantara kita yang belum paham perbedaan akuntansi berbasis kas yang digunakan saat ini dengan akuntansi berbasis akrual. Untuk mempelajari akuntansi berbasis akrual ini dibutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak cukup hanya dengan 1-2 jam kegiatan sosialisasi. 

Dalam pelaksananan akuntansi berbasis akrual nantinya satker akan dibantu dengan aplikasi SAIBA. SAIBA adalah singkatan dari Sistem Akuntansi Basis Akrual. Teman-teman yang belum paham teori akuntansi berbasis akrual jangan berkecil hati, dengan adanya aplikasi ini teman-teman akan bisa menyajikan laporan keuangan berbasis akrual.

Aplikasi SAIBA merupakan hasil metamorfosis aplikasi SAKPA. Tampilan aplikasi, menu-menu dan cara penggunaannya sangat mirip dengan aplikasi SAKPA. Dengan aplikasi SAIBA ini, dokumen sumber dan cara input sama dengan aplikasi SAKPA hanya output berupa laporan yang berbeda. Laporan yang dihasilkan akan bertambah dengan 2 laporan yang sesuai dengan akuntansi berbasis akrual, yaitu Laporan Operasional (LO) dan Laporan Perubahan Ekuitas (LPE).

Bagi-bagi teman-teman yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi SAKPA, Ben yakin teman-teman akan cepat beradaptasi atau lebih mudah dalam mempelajari aplikasi SAIBA. Bagi yang belum pernah menggunakan aplikasi SAKPA jangan kuatir. Aplikasi SAIBA sangat user friendly atau mudah dioperasikan. Teman-teman bisa membaca petunjuk aplikasi SAIBA yang dibuat secara detail mulai cara install hingga cara input transaksi dengan dilengkapi gambar tampilan.

Saat ini aplikasi SAIBA sudah mulai diperkenalkan melalui workshop, sosialisasi dan nantinya juga akan diajarkan di PPAKP. Untuk teman-teman yang akan mengikuti kegiatan tersebut bisa mencoba terlebh dahulu agar saat kegiatan bisa lebih lancar dan jika menemui kendala atau masalah saat mencoba bisa ditanyakan saat kegiatan. Untuk teman-teman yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan tersebut juga bisa mencoba aplikasi SAIBA sendiri, petunjuk aplikasi yang dibuat sangat detail sehingga cukup jelas untuk dipelajari sendiri.

Selamat Belajar..
Selamat Bekerja..
Salam WTP..

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2014/06/installer-dan-petunjuk-aplikasi-saiba.html?m=0. Judul: Installer dan Petunjuk Aplikasi SAIBA
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5

8 comments:

me said...

pak bend, saya sudah coba aplikasi saiba, tetapi pada waktu posting error terus, mohon pencerahan.

Unknown said...

aplikasi SAIBA ini memang belum sempurna. saat ini dipakai untuk keperluan latihan. Mungkin transaksi yang dimasukkan belum ada di posting rule, jadinya saat diposting error. coba nanti ditanyakan saat mengikuti sosialisasi/workshop/ppakp

Unknown said...

aplikasi SAIBA ini diterapkan juga dilingkungan pemerintah daerah?

Unknown said...

sementara untuk pemda belum

Unknown said...

pak bend tolong dong cara ambil pagu 2015 dr sas ke saiba

Unknown said...

belum bisa. rencananya saiba akan digabung dengan aplikasi SAS

xativa20009 said...

apa bs dpt panduan manual sas

Unknown said...

bisa didownload disini
http://www.bendahara.info/2015/02/panduan-singkat-aplikasi-sas-lpj-2015.html
http://www.bendahara.info/2014/12/aplikasi-sas-2015-untuk-pembuatan-gaji.html

Post a Comment

Harap maklum jika komentar lambat dibalas

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.