Mengenal SSBP dan SSPB

Posted by Ben dahara Friday, 26 July 2013 34 comments
Sebagai Bendahara Pengeluaran kita wajib tahu yang namanya SSBP dan SSPB. Dengan mengenal SSBP dan SSPB dapat menghindarkan kita dari kesalahan saat penyetoran atau saat pemotongan. Jangan sampai saat pengajuan SPM kita salah melampirkan formulir SSBP/SSPB yang menyebabkan SPM kita ditolak atau jangan sampai bank menolak setoran kita karena salah formulir.

Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP)
SSBP  adalah formulir yang digunakan untuk mencatat penyetoran penerimaan negara bukan pajak ke Kas Negara. SSBP digunakan untuk menyetor pendapatan negara selain pendapatan pajak. Akun yang digunakan adalah akun pendapatan 42xxxx. 

Contoh penggunaan SSBP adalah saat mengajukan SPM gaji yang dalam SPM tersebut terdapat potongan sewa rumah dinas. Maka kita wajib melampirkan SSBP senilai potongan dengan akun 423121 (Pendapatan sewa tanah, gedung dan bangunan). Contoh lain adalah saat rekening kita ternyata ada bunga bank, maka bunga bank tersebut harus disetor menggunakan SSBP dengan akun 423221 (Pendapatan Jasa Lembaga Keuangan/Jasa Giro). 


Surat Setoran Pengembalian Belanja (SSPB)
SSPB (Surat Setoran Pengembalian Pajak) adalah formulir yang digunakan untuk mencatat penyetoran kelebihan penggunaan/realisasi anggaran tahun berjalan. SSPB ini digunakan apabila kita menyetor kelebihan atas pencairan dana yang sudah kita lakukan. Akun penyetoran menggunakan SSPB ini sama dengan akun pada saat melakukan realisasi anggaran. 

Saat penyetoran semua kode fungsi, sub fungsi, program, kegiatan. output dan yang lain harus sama dengan kode saat realisasi. Apabila nilai setoran besar, maka kita bisa mengajukan penyesuaian pagu DIPA atas setoran pengembalian belanja tersebut. Sehingga pagu yang semula berkurang atas realisasi tersebut bisa dikembalikan senilai setoran dan dapat dipergunakan kembali.

Penting: untuk pengembalian belanja yang sudah melewati tahun anggaran maka pengembalian itu berubah menjadi pendapatan, sehingga penyetoran menggunakan SSBP. Contohnya jika tahun sebelumnya kita ada kelebihan atas pembayaran uang makan, maka tahun ini kita setor menggunakan formulir SSBP dengan akun 4239111 (Penerimaan Kembali Belanja Pegawai Pusat TAYL)

Bagi teman-teman yang belum mempunyai formulir SSBP dan SSPB, silahkan download dari Brankas Ben Dahara. Untuk penyetoran ke bank maka kita harus mencetak formulir tersebut dengan kertas continus form 4 ply.

Formulir SSBP


Formulir SSPB


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Judul: Mengenal SSBP dan SSPB
Ditulis oleh Ben dahara
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2013/07/mengenal-ssbp-dan-sspb.html.

34 comments:

anas rullah said...

ijin share ya admin

Ben dahara said...

Silahkan kawan..

Garenk Lubis said...

MIN...brp lembar form SSPB yang harus diisi....

Ben dahara said...

4 rangkap

Rafi Abrar said...

Pagi pak.maaf pak saya ingin menanyakan tentang penghapusan nomor maksimal pencairan pada aplikasi SPM...ketika saya ingin mengajukan pencairan yang dananya berasal dari PNBP diharuskan membuat maksimal pencairan yang dicetak dari aplikasi spm...masalah yang timbul ketika ada yang tidak cocok di maksimal pencairannya dengan data di KPPN...misalnya yg tidak cocok di mp nomor 3 sedangkan saya sudah mencapai mp nomor 10...untuk merubah data di mp nomor 3 mau ga mau saya harus menghapus data2 yg ada di mp nomor 3 sampai mp nomor 10,baru kemudian diinput ulang data2 di mp nomor 3 sampe mp nomor 10 (apakah benar) bila benar ada tidak cara yg lebih praktis pak ben?tks

Ben dahara said...

maaf pak, saya belum ada cara yang lebih praktis :)

I Nyoman Dedi Rupawan said...

mohon petunjuk untuk kode SSBP untuk sisa UP/TUP ya om admin..

Ben dahara said...

akun maksudnya ya. kalau UP/TUP RM 815111, kalau UP/TUP PNBP 815113, kalau setornya sudah lewat tahun anggaran 815114

Nizar TransBireuen said...

untuk pemotongan / pengembalian anggaran akibat temuan dari inspektorat yang harus disetor dengan cara pemotongan pada SPM gimana caranya ??

Ben dahara said...

kalo masih 1 tahun anggaran bisa dipotong di SPM rekanan ybs, dengan akun belanja yang sama pada saat pencairan. kalo rekanan sudah tidak dibayar harus setor ke bank persepse

mega sari said...

apakah bisa kita setor uang pengembalian up dan tup di gabungkan?

Ben dahara said...

sebaiknya dipisah saja untuk memudahkan administrasi

keuangan bbpbap said...

apakah SSPB mengenai belanja modal tahun 2012 juga di input di simak bmn ?. Kalau iya masuk transaksi apa ya ?. Makasih

Ben dahara said...

iya, karena SSPB mengurangi nilai perolehan barang. menu khusus perekaman SSPB belum tersedia, jadi di SIMAK direkam di koreksi nilai. Di SAKPA akan terjadi selisih, untuk menghilangkan selisih di SAKPA di jurnal

Gunawan Wicaksono said...

Untuk SSPB/SSBP, bagaimana pencatatan di pembukuan bendahara?
Terima kasih

Ben dahara said...

BKU kredit, BP Kas Tunai Kredit, BP UP Kredit

MI SALAFIYAH GRINGSING BATANG JAWA TENGAH said...

pak admin numpang tanya,.,., Untuk Pengisian d buat 4 rangkap.,., itu yang lembar 1 d krim Untuk Siapa? lembar 2 Untuk Siapa,,.? Dan seterusnya,,,.
mohon bantuan nya,.,.

Ben dahara said...

1 dan 4 untuk satker, 2 untuk KPPN dan 3 untuk Bank Persepsi

Heri Setiawan said...

kalau pengembalian belanja perjalanan dinas TA yang lalu kodenya berapa? termasuk kode output kegiatannya gimana? apakah sama seperti pengembalian sisa UP?

Ben dahara said...

setor pakai SSBP akun 421913 pendapatan belanja lainnya TAYL. kode output kegiatan dikosongi saja.

Gunawan Wicaksono said...

Jika pengembalian belanja LS bendahara apakah pembukuannya sama dengan UP?

Ben dahara said...

beda di BP saja. BKU kredit, BP Kas Tunai kredit, BP LS Bendahara Kredit

Heri Setiawan said...

berarti sama seperti kaya mau pengembalian sisa UP ya kang? cuma bedanya di kode MAK ajah ya? terus ada kata2 khusus gak terkait uraiannya?

Ben dahara said...

ya, mirip setoran sisa UP. Sebaiknya uraian ditulis lengkap sesuai detil pengembalian belanja

Sri Lestari said...

kalau ssbp apakah lembar 1 dst sama seperti ssp?

Ben dahara said...

beda bu seri.. untuk SSBP tidak ada peruntukan ke KPP

Galih Asmara Bangun said...

Selamat siang pak,.sy sllu ikuti blog ini kalo ad permasalahn,.sangat membantu sekali,terimakasih,.
Sy ad prtanyaan pak, di satker saya mau melakukan pengembalian belanja thun lalu,shingga menggunakn SSBP,.bgamn perlakuannya di aplikasi Sakpa,krn pasti minus?
apkh prlu koreksi data SPM jg?trmksih,.sy msh bru soalnya

rangjo atreides said...

@ galih....coba nyoba bantu jawab ya

sudah benar kok itu, untuk pengembalian belanja taun lalu menggunakan SSBP dan diakui sebagai pendapatan. Perlakuan nya di SAKPA diakui sebagai pendapatan dengan menginput data2 SSBP dan NTPN (semacam kode yg diperoleh dari bank persepsi atas setoran kita) di menu "Realisasi" >> "Pendapatan". Jangan lupa di posting

Nantinya pendapatan tersebut akan muncul di "Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan"

semoga membantu

Ben dahara said...

terima kasih rangjo atas bantuannya menjawab pertanyaan galih yang terlewat oleh saya. saya tambah sedikit. tidak minus karena setoran masuk ke pendapatan, bukan ke pengembalian belanja

Irhas Mutakin said...

pak/mas....kalo pengembalian belanja pegawai/gaji menggunakan perhitungan bruto..apakah saya bisa mendapatkan acuan/peraturan yang mengaturnya? terima kasih

Ben dahara said...

mohon maaf, belum ketemu peraturannya. Minggu kemarin Ben habis cuti :D

Rizki Arianto said...

Pengembalian kelebihan pembayaran gaji boleh potong gaji induk bulan-bulan berikutnya?

good family said...

Contoh kasus:
Terkait pengembalian belanja pegawai pada tahun anggaran yang berjalan.
Kasus
Pegawai X diberhentikan dengan hormat TMT 13 Maret 2014 dan gajinya diberhentikan TMT 1 April 2014. Tetapi gajinya terlanjur dibayar sampai bulan Mei 2014.Terkait pengembaliannya itu dengan SSPB? terus untuk MAP langsung disetor ke negara dengan kode 511111 gaji pokok semua apa harus dipisah-pisah gaji pokok sendiri, Tunjangan anak dibuatkan SSPB snediri, Tunjangan PPh dibuatkan SSPB sendiri, dll. Terima kasih.

Cosmas Latu said...

siang klo pengembalian sisa uang LS bendahara menggunakan format SSPB? trus kode akunx?
makasih

Post a Comment

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.