Download Update Aplikasi SPM 2014 Terbaru Versi 14.1.1

Posted by Ben dahara Friday, 24 January 2014 22 comments
Update Aplikasi SPM 2014 Terbaru Versi 14.1.1 sudah resmi dilounching di web perbendaharaan pada tanggal 24 Januari 2014.

Berikut ini histori update aplikasi SPM 2014 Versi 14.1.1
  1. Perbaikan Menu RUH SPP terkait daftar terlampir
  2. Perbaikan menu tayang pagu
  3. Perbaikan referensi supplier 
Cara update sama dengan versi sebelumnya, bagi yang lupa bisa download cara update aplikasi SPM 2014

Sebagai langkah antisipasi copy spm_14.exe versi lama dan copy folder DBSATKER. Jika ternyata setelah diupdate semakin banyak error, aplikasi bisa dikembalikan ke versi sebelumnya

Download Update Aplikasi SPM 2014 Versi 14.1.1 

Berhubung ada yang menanyakan cara backup restore manual, Ben akan jelaskan caranya
Cara Backup Manual Aplikasi SPM 2014 : 
Copy Folder AplikasiSPM2014 dan DBSATKER.

Cara Restore Manual Aplikasi SPM 2014:
  1. Matikan service aplikasi SPM. Caranya cari file mysql-stop di folder DBSATKER ==>klik kanan ==> pilih run as administrator
  2. Paste Folder AplikasiSPM2014 dan DBSATKER ke C:\
  3. Hidupkan service aplikasi SPM. Caranya cari file mysql-instal di folder DBSATKER ==>klik kanan ==> pilih run as administrator
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2014/01/download-update-aplikasi-spm-2014.html. Judul: Download Update Aplikasi SPM 2014 Terbaru Versi 14.1.1
Ditulis oleh Ben dahara
Rating Blog 5 dari 5

22 comments:

amran sakiran said...

kok setelah update 14.1.1 kode supplier malah ad yg hilang dan ada yang kacau bercampur dengan kode supplier rek para pegawai terlampir

Ben dahara said...

maaf pak amran, saya juga user :)
untuk itu saya menyarankan agar melakukan backup database dan aplikasi secara manual untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan

kuro said...

walah aku sudahterlanjur lupa mas... lupa backup

Bambang Subatin said...
This comment has been removed by the author.
Bambang Subatin said...

updatenya masih versi beta juga ya mas admin?
untuk backup masih pake yg manual ya, saya coba backup seperti spm 13 yg lalu ketika direstore kok blank..ndak ada apa2nya....

Ben dahara said...

pakai backup manual saja pak

Hernowo Sidhi said...

Aplikasi SPM 2014 sepertinya masih ada bberap bug, antara lain pada:
- Menu cetak SPP, pertama kali mau cetak SPP lalu klik tombol Proses bisa tetapi setelah itu jika mau cetak ulang maka tombol Cetak tidak ada respon tombol Keluar pun sama.
- pada menu R/U/H Data Kontrak, pertama kali saya akan mengisi data kontrak nomor identitas kontrak sudah 900an. padahal sebelumnya belum pernah mengisi. Data Kontrak berikutnya bernomor 1800an.
- Bagaimana cara isi data kontrak yang benar, karena setiap saya input hasilnya pada kolom termin & realisasi selalu kosong dan ini menyebabkan SPM ditolak oleh KPPN. Terima kasih.

Hernowo Sidhi said...

Satu hal lagi yg saya ragukan adalah pada form data kontrak yang sudah saya hapus sepertinya data tidak benar-benar terhapus karena mengurangi pagu. Mohon programmer aplikasi segera memperbaiki bug ini. Terima kasih.

MIN Kampung Tengah said...

bagaimana caranya pak dengan backup manual ???

MIN Kampung Tengah said...

setelah direstore ternyata data blank sma sekali tidak ada data pagu dan transaksinya

Ben dahara said...

cara backup restore manual saya tulis diatas

hayi.170104 said...

rekam GU nihil tidak dapat diproses, di menu suplier utk referensi " bendahara umum negara" tidak muncul. yg muncul hanya satu supplier yaitu bendahara pengeluaran satker. mohon penjelasannya lebih lanjut. terma kasih

Recky Jacobus said...

Untuk rekam nomor SP2D yang sudah SPAN apakah bisa diaplikasi update yang terbaru ini, karena nomor SP2D yang SPAN ada 15 digit. Terimakasih. Btw blog ini lebih update dari website dirjen perbend. Keren!

Rafi Abrar said...

Maaf pak ben mo menanyakan tentang mp (maksimal Pencairan) yg dananya bersumber PNBP...ketika saya masuk tayang pagu trus detail satker trus detail pnbp lalu saya rekam ssbp ketika mencetak MP selalu muncul peringatan isi atau rekam dahulu di parameter judul cetak spm...saya sudah melakukan isi data di parameter judul cetak spm tetapi selalu muncul peringatan tersebut ketika akan mencetak MP...tks

Rochmat Hidayat Ristanto said...

Setelah Update aplikasi ketika cetak tayang pagu yang tampilan digit akun POK jumlah realisasi muncul tapi jumlah pagu gak muncul pada sub komponennys sehingga terjadi minus berwarna merah..gmn tuh ben...

Oky Ramdani said...

Pak Ben, Tolong di post kan panduan Aplikasi SPM.... dikarenakan saya user baru. tarimakasih

Fachru Rozi Dunggio said...

Mohon Maaf dan Mohon Petunjuknya Pak Ben.
Untuk Aplikasi SPM 2014, apakah cara penerimaan data revisi dari Aplikasi RKAKL-DIPA 2014 masih sama dengan tahun yang lalu (2013) atau sudah berubah cara importnya??? Mohon Petunjuknya... Terima Kasih....

hayi.170104 said...

pak ben, kenapa nilai pagu jd dobel setelah transfer data revisi pagu (revisi buka blokir/tanda bintang) apa ada yg salah proses penerimaan data di aplikasi?

Ben dahara said...

@hayi : saat rekam suplier langsung tertuju pada no 0001, setelah muncul edit 0001 menjadi nomor yang belum ada
@recky : belum bisa
@rohmat: pagu yang minus kemungkinan waktu awal penggunaan aplikasi belum melakukan setting pembagian pagu. jadi setelah ada pembagian pagu, SPM yang lama tidak membebani pagu seharusnya. Solusinya batal SPM yang menyebabkan minus, ubah SPP, kemudian catat lagi. Sebelumnya jangan lupa backup data secara manual
@Oky : akan saya usahakan. silahkan request bagian mana yang ingin disampaikan dulu, sebagian sudah ada tutorialnya di aplikasi SPM 2013, langkah2 masih sama
@fachru : dari rkakl pilih menu utiliti ==> kirim validasi. hasilnya sama dengan kirim ke dja, tapi belakangnya masih 14, harus direname dulu menjadi 1400
@ pagu dobel saya belum tahu sebabnya

mtsnkumai said...

Pak Ben, saya mohon petunjuk, apakah bisa saya memindahkan seluruh aplikasi saya dari laptop ke komputer/laptop yang lain, karena dalam laptop yang lama terdapat masalah dalam windowsnya, lalu saya ingin memindahkan langsung seluruh aplikasi tanpa memakai cara restore atau tanpa menginstal aplikasi yang ada,

Ben dahara said...

kalo memindahkan tanpa install aplikasi tidak bisa. Komputer yang baru harus diinstall dulu, karena ada service aplikasi yang tidak bisa jalan jika tidak diinstall.
langkahya install dulu aplikasi versi awal, setelah itu replace folder aplikasi dan folder database. untuk mereplace database matikan dulu servicenya. klik file mysql-stop yang ada di folder dbsatker

piteys said...

Mohon Pencerahan Pak Ben,

ketika saya akan input data supplier pada menu referensi I selalu muncul box dengan uraian "OLE IDispatch exeption code 0 from nodes: Key is not unique in collection.."

apakah pada saat saya update aplikasi SPM 14.1.2 terdapat kesalahan atau bagaimana?

terima kasih

Post a Comment

Harap maklum jika komentar lambat dibalas

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.