Solusi Lupa Password RKAKL DIPA Online

Posted by Ben dahara Monday, 29 July 2013 0 comments
Terkait revisi anggaran tahun anggaran 2013 seluruh satker diwajibkan memiliki user dan password RKAKL DIPA Online. Bagi teman-teman bendahara yang belum punya user dan password atau yang lupa user dan password, Ben punya solusinya. Solusi ini berdasarkan pengalaman Ben saat pertama kali diminta mengunduh aplikasi RKAKLDIPA Online.

Saat pertama kali diminta untuk mengunduh ADK DIPA di RKAKL DIPA online saya bingung karena merasa belum pernah mendaftar. Akhirnya saya coba-coba saja buka alamatnya http://rkakldipa.anggaran.depkeu.go.id. Coba masukkan user dan password kode satker tidak bisa.
Akhirnya saya coba saja klik tulisan lupa password yang kedip-kedip disebelah tombol login.
setelah itu muncul form yang meminta kita untuk mengisi user ID (Kode satker) dan email satker. Email yang diminta adalah email yang sudah terdaftar saat pembahasan RKAKL. Dalam kasus ini kebetulan email kami sudah di daftarkan oleh Eselon I saat pembahasan. Mungkin Eselon I mendaftarkan email tersebut karena email tersebut memang email resmi kantor yang sering kami pakai saat mengirim data ke Eselon I.
Setelah mengisi konfirmasi kode pengaman, klik kirim password. Jika email valid (pernah terdaftar) maka password akan dikirim ke email kita. Tapi jika email belum pernah terdaftar maka akan ada peringatan bahwa Data User Email Tidak Ditemukan.

Jika sudah mendapatkan password, segera masuk ke aplikasi RKAKL DIPA Online dengan password yang kita dapat. Dikarenakan password yang diberikan adalah kombinasi angka dan huruf yang susah untuk diingat, setelah masuk jangan lupa untuk merubah password menjadi password yang mudah kita ingat agar dikemudian hari tidak lupa lagi. Untuk merupah password masuk ke menu Utility ==> ubah password kemudian ketik password baru dan simpan.
Itu tadi solusi pertama Ben jika teman-teman lupa password. Solusi kedua jika belum punya user dan password atau lupa user dan password, coba minta ADK DIPA/Revisi DIPA di KPPN terdekat. Solusi ketiga teman-teman harus membuat user RKAKLDIPA Online dengan meminta bantuan Kanwil DJPBN, karena dari pengalaman teman yang mengurus sendiri prosesnya sangat lama sedangkan yang meminta bantuan Kanwil DJPBN prosesnya cuma 1 hari. Untuk yang mau mengurus sendiri silahkan download formulir pendaftaran. Setelah diisi dan ditandatangani KPA, formulir di scan dan dikirim ke email rkakldipa@depkeu.go.id. Selanjutnya untuk mengetahui bahwa formulir sudah diterima, hubungi nomor helpdesk aplikasi DJA 021-34357120.

Jadi jika teman-teman belum punya password, silahkan coba lupa password terlebih dahulu. Kalau beruntung teman-teman tidak perlu mendaftar lagi. Hehe..


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Judul: Solusi Lupa Password RKAKL DIPA Online
Ditulis oleh Ben dahara
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2013/07/solusi-lupa-password-rkakl-dipa-online.html.

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, saran maupun kritik silahkan ditulis pada komentar

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.