Kode Sifat Pembayaran Pada SPM GUP Nihil diisi 3 atau 5?

Posted by Unknown Thursday 2 January 2014 4 comments
Batas waktu penyampaian SPM GUP Nihil dan SPM PTUP masih tersisa beberapa hari lagi. Beberapa hari yang lalu Ben berdiskusi dengan teman tentang kode sifat pembayaran pada SPM GUP Nihil. Kode Sifat pembayaran SPM GUP Nihil diisi 3 atau 5? Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, coba teman-teman jawab. Pilih 3 atau 5? Apa alasannya? Dengan begitu teman-teman akan tahu pendapat teman-teman membaca artikel ini benar atau salah.

Silahkan dijawab dulu, jangan melihat tulisan dibawah dulu


Ben kasih waktu buat milih, tentukan pilihanmu


Santai saja kalau beda pendapat sama teman sebelah, tidak perlu bertengkar :D

Ben harap setelah membaca tulisan dibawah, teman-teman akan sependapat\

Perbedaan pendapat pengisian kode ini terjadi karena ketidaksingkronan pada PMK-190/PMK.05/2012. Pada Pasal 54 PMK-190/PMK.05/2012 hal penerbitan SPP-GUP Nihil yang dijelaskan dengan pengisian format SPP untuk SPP-GUP Nihil sesuai lampiran IV. Pada lampiran IV dijelaskan bahwa untuk SPP-GUP Nihil pada petunjuk pengisian sifat pembayaran SPP harus diisi dengan kode 5 (GUP-Nihil).

Hal tersebut berbeda dengan penjelasan pengisian SPM pada lampiran XIII. Pada lampiran XIII dijelaskan bahwa sifat pembayaran SPM diisi 5 Nihil apabila penerbitan SPM tidak menyebabkan selisih belanja dan pendapatan selain SPM GUP-Nihil. Dengan penjelasan tersebut kode sifat pembayaran SPM GUP Nihil tidak mungkin 5. Akhirnya sebagian berpendapat bahwa kode sifat pembayaran diisi 3.

Perbedaan pendapat dan ketidaksingkronan tersebut diatas akhirnya berakhir setelah terbitnya S-3802/PB/2013 perihal penjelasan sifat pembayaran penerbitan SPP dan SPM. Pada S-3802/PB/2013 meralat penjelasan pada Lampiran XIII PMK-190/PMK.05/2012. Pada Petunjuk pengisian yang semula tertulis "Selain SPM GUP Nihil" diralat menjadi "Selain pertanggungjawaban SPM TUP". Jadi kesimpulannya pengisian sifat pembayaran pada SPM GUP nihil adalah 5. 

Bagaimana teman-teman sebelumnya benar atau salah? Ben sebelum membaca S-3802/PB/2013 juga berpendapat bahwa pengisian sifat pembayaran pada SPM GUP Nihil adalah 3. Sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan Ben meminta maaf karena salah pada penulisan artikel Perbedaan Kode dalam Pembuatan SPP/SPM. Dan melalui postingan ini Ben meralat kesalahan pada postingan sebelumnya. Jika teman-teman mengetahui Ben salah, jangan sungkan-sungkan untuk menegur. 

Agar lebih mantap dengan penjelasan diatas, silahkan teman-teman download S-3802/PB/2013.

Sejak dikeluarkannya S-4166/PB.6/2014 tentang perubahan akun terkait TUP dan Vakasi, kode potongan nihil antara GUP dan TUP menjadi berbeda. Potongan Akun Nihil GUP tetap 815111 sedangkan potongan akun nihil TUP 815511
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2014/01/kode-sifat-pembayaran-pada-spm-gup.html. Judul: Kode Sifat Pembayaran Pada SPM GUP Nihil diisi 3 atau 5?
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5

4 comments:

ararya-rafif said...

Salam agan Ben...
SPM GU Nihil saya awalnya sifat pembayaran diisi kode "5", akan tetapi oleh petugas FD kode tersebut disalahkan dan diralat menjadi "3". Berarti ini masih terjadi perbedaan pendapat tentang pengisian sifat pembayaran. Pertanyaan saya apakah nantinya timbul permasalahan dikemudian hari karena kode sifat pembayaran SPM GU Nihil saya mengikuti saran dari KPPN setempat ?

Ardianto,
Lapas Pangkalan Bun

Unknown said...

kemungkinan tidak ada masalah, memang semula PMK-190 ada kesalahan jadi sebagian menggunakan kode 3. harapan saya menulis ini tahun depan sudah tidak ada perbedaan lagi. coba sampaikan S-3802 ke KPPN, mungkin surat tersebut belum sampai kesana

Unknown said...

mau nanya,untuk pembuatan spm nihil pada sistem span kode suplier nya berapa ya?

Unknown said...

suplier nihil di span diisi bendahara pengeluaran

Post a Comment

Harap maklum jika komentar lambat dibalas

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.