Cara Membuat Kekurangan Gaji di Aplikasi GPP 2013 (2)

Posted by Unknown Tuesday 14 May 2013 9 comments
Pada kesempatan yang lalu kita sudah membahas cara pembuatan kekurangan gaji di aplikasi GPP 2013 untuk jenis kekurangan gaji sama. Untuk melengkapi tulisan sebelumnya, langsung saja kita bahas cara pembuatan kekurangan gaji bertingkat.

Untuk memudahkan pembahasan, kita langsung gunakan contoh kasus.
Kasus 1 : Pegawai pada bulan Maret 2013 mengalami perubahan masa kerja (KGB)
Langkah-langkah pembuatan kekurangan gaji sebagai berikut :
1. lakukan load master gaji induk bulan Januari s.d. Juni 2013
2. Buka menu kekurangan gaji  
3. Pilih pegawai yang hendak dibuat kekurangan gajinya (misal namanya Andi)
4. Pilih isian dan buat kekurangan periode setelah pangkat berubah (Maret s.d Mei). Isi jenis SK dengan Kenaikan Gaji Pokok kolektif, kemudian Ambil master baster baru bulan Juni dan ambil master lama bulan Maret. Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.
5.  Pilih pegawai lagi dengan nama yang sama (Andi)
6.  Pilih isian dan buat kekurangan periode sebelum penambahan masa kerja (Januari s.d Februari).  Isi jenis SK dengan Kenaikan Gaji Pokok kolektif, kemudian Ambil master baster baru bulan Maret, Edit gaji pokok  dari 2012 menjadi 2013  dan jangan lupa untuk mengedit masa kerja menjadi masa kerja sebelum KGB, lalu klik hitung gaji.

 Selanjutnya ambil master lama bulan januari. Hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini.
 Hasil yang terlihat adalah nama Andi muncul dua kali dalam pembuatan gaji, yaitu periode kenaikan gaji Januari s.d Februari dan periode kenaikan gaji Maret s.d Mei

Cukup mudah bukan ? apabila ada kesulitan silahkan di tanyakan di komentar. Postingan kali ini cukup kita bahas Cara membuat kekurangan gaji di aplikasi GPP (2) kasus 1 dahulu. untuk contoh kasus kenaikan pangkat akan kita bahas pada postingan berikutnya.
 
  
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-kekurangan-gaji-di_14.html. Judul: Cara Membuat Kekurangan Gaji di Aplikasi GPP 2013 (2)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5

9 comments:

Unknown said...

sangat bermanfaat nich info nya...
Ijin bertanya, kalau TMT kenaikan nya dari tahun sebelum nya gimana ya, dan apa bisa diajukan juga?
Kalau dari kasus di atas TMT kenaikan nya gajinya per tanggal 1 oktober 2012.
Terima kasih sebelumnya...

Unknown said...

bisa dimintakan. caranya sama

Unknown said...

kalau mau lihat jumlah potongan lain per tahun anggaran gmn caranya ya?
Kan sekarang harus dibedakan antara tahun berjalan pakai kode akun 511119 dan kode potongan tahun lalu nya 423911, karena saya lihat di aplikasi gpp otomatis digabung jadi satu dan masuk ke kode akun 423999

Unknown said...

nanti pas pembuatan SPP dipisah. akun 423999 ganti dengan 511119 sejumlah nominalnya, karena jumlah total potongan belum sama, nanti akan minta ditambah akun lagi. Ketik saja akun 4239111 dibawahnya

Unknown said...

di gpp saya dapat angka Rp 390,- untuk akun 423999, nah mau lihat / membagi angka tersebut ke akun 511119 dan 423911 gmn cara nya ya? karena kalau di GPP udah menjadi total angkat Rp 390,- tidak ada rincian perbulannya?

Unknown said...

cari di daftar per pegawai. nanti disitu terlihat ada pembayaran kepada pegawai yang pembulatannya minus

Unknown said...

Oya ada, berarti angka minus itu untuk satu bulan aja ya?
tinggal di kali dengan bulan yang kurang di bayar aja...

Unknown said...

tergantung lihatnya di baris mana. kalo lihat di baris hasil pengurangan gaji baru dengan gaji lama, berarti satu bulan. Kalo lihat di baris hasil akhirnya ada yang jumlah total seluruh bulan

Unknown said...

ijin download pak semoga bermamfaat

Post a Comment

Harap maklum jika komentar lambat dibalas

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.