Tahun Depan Kenaikan Gaji PNS Tak Dipukul Rata, Tapi Sesuai Kinerja

Posted by Unknown Wednesday 29 May 2013 0 comments
Jakarta - Mulai tahun depan pemerintah tidak akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) secara merata seperti tahun ini dan sebelumnya. Kenaikan gaji PNS akan disesuaikan dengan kinerja.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan RB) Eko Prasojo mengaku sedang menyusun aturan baru kenaikan gaji PNS yang besarannya tergantung kinerja tiap individu pegawai.

"Iya nggak ada lagi serentak seperti kemarin," kata Eko usai seminar dengan topik 'Membangun Birokrat yang Berkualitas Melalui Perubahan' di Kantor BPKP, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2013)

Ia menyatakan, aturan kenaikan gaji yang baru ini dilakukan untuk menjaga kinerja setiap PNS. Artinya, kenaikan akan dihitung berdasarkan hasil kinerja dalam satu tahun periodenya. "Jadi gaji disesuaikan dengan kinerja yang dicapai," sebutnya.

Ada dua faktor yang dinilai sebelum PNS mendapatkan kenaikan gaji. Pertama adalah posisi jabatan dan kedua adalah kinerjanya.

"Jadi sekarang kita bikin dan sedang dibahas RPP penggajian berdasarkan grading dan step. Grading itu adalah posisi jabatan, beban kerja tanggung jawab dan risiko pekerjaan, step itu adalah step kinerja.

Eko mencontohkan, misalnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) di sebuah kementerian akan memiliki gaji yang berbeda nantinya dengan Sekjen di kementerian lain.

"Jadi orang itu bisa sama-sama sekjen, bisa punya grading yang berbeda, karena teragntung kinerja yang dicapai. Bahkan nanti ada annual performance," ucapnya.

Eko menuturkan aturan itu dimasukan dalam RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sedang proses pembahasan. Ia menargetkan Juli 2013, RUU akan disahkan oleh DPR dan masuk dalam proses pembuatan Peraturan Pemerintah (PP).

Maikel Jefriando - detikfinance

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2013/05/tahun-depan-kenaikan-gaji-pns-tak.html. Judul: Tahun Depan Kenaikan Gaji PNS Tak Dipukul Rata, Tapi Sesuai Kinerja
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5

0 comments:

Post a Comment

Harap maklum jika komentar lambat dibalas

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.