Membackup Data Bendahara Pengeluaran Secara Otomatis

Posted by Ben dahara Wednesday, 21 August 2013 7 comments
Membackup data merupakan kegiatan yang wajib dilakukan sebagai langkah antisipasi apabila suatu saat PC/Laptop/Aplikasi kita mengalami masalah. Bahkan masalah tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan kita sendiri dalam menginput data (human error). Data-data penting yang wajib dibackup sudah pernah dibahas pada tulisan mengamankan data aplikasi bendahara pengeluaran.

Untuk kemananan data kita, membackup data perlu dilakukan secara rutin setiap hari. Akan tetapi seringkali kita lupa atau malas untuk melakukan backup data setiap hari. Untuk mengatasi rasa malas dan lupa, kita bisa memanfaatkan Aplikasi Fbackup untuk melakukan proses backup harian.

Dengan menggunakan aplikasi Fbackup kita bisa membuat jadwal backup otomatis setiap hari, bahkan jika perlu kita bisa mengatur proses backup sehari 3x (hehe.. kayak resep dokter). Lokasi penyimpanan data juga bisa di atur ke Harddisk, Eksternal Disk atau komputer lain yang terhubung melalui jaringan LAN. File yang dihasilkan sudah dikompresi dalam bentuk Rar sehingga ukuran file menjadi lebih kecil.
Mengamankan data aplikasi bendahara
Mengamankan data aplikasi bendahara
Mengamankan Data Aplikasi Bendahara Pengeluaran
Mengamankan Data Aplikasi Bendahara Pengeluaran
Berikut ini langkah-langkah membackup data secara otomatis
  • Download Aplikasi Fbackup 
  • Install Aplikasi Fbackup. Pilihan bahasa menggunakan bahasa inggris, karena bahasa indonesia belum tersedia.  Saat ada pilihan i accept dan i do not accept, pilih i accept kemudian lanjutkan proses install sampai selesai.
  • Klik New untuk membuat jadwal backup. Isi nama jadwal backup, pilih driver lokasi penyimpanan, pilih folder penyimpanan. 



  • Pilih folder/file yang akan di backup. Silahkan pilih folder-folder yang berisi database aplikasi, bisa juga ditambahkan file/folder data non aplikasi yang ada di mydocument dan data lain yang penting.
  • Pilih tipe backup Full atau Mirror. Sebaiknya pilih Full saja karena Mirror ada sebagian file yang dikecualikan dari backup dan tidak bisa dipassword. Kemudian pilih file hasil backup akan dipassword atau tidak.
  • Pilih Daily untuk proses backup harian, lalu pilih jam backup. User akan terisi otomatis dengan nama komputer kita, isikan password komputer jika ada. 
 
  • Pilih save maka data kita setiap hari pukul 16.00 akan dibackup oleh aplikasi.
Setting jadwal yang sudah kita buat ini bisa kita ubah sewaktu-waktu dengan cara klik tombol properties. Misalnya ingin merubah lokasi penyimpanan maka klik tombol properties ==> pilih destination dan centang  change destination. Jika ingin menambah file/folder yang akan dibackup pilih sources. Jika ingin merubah waktu backup maka pilih scheduler.

Selamat Mencoba..
Semoga Sukses..

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Judul: Membackup Data Bendahara Pengeluaran Secara Otomatis
Ditulis oleh Ben dahara
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2013/08/membackup-data-bendahara-pengeluaran.html.

7 comments:

MIN PENGAMBAU HULU HST said...

Makasih..salam kenal..boleh uga neh infonya izin share en copas..trims

Ben dahara said...

salam kenal juga, jangan lupa cantumkan link sumber ya..

Asry . H said...

Mantap Gan.. Bermanfaat sekali

http://belajar-bendahara.weebly.com

Aar Aryanto said...

Makasih Banget

Ben dahara said...

ok, sama-sama

Teguh Widodo said...

tlg donk PIN PPSPM 2014

Ben dahara said...

pakai yang 2013 pak..

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, saran maupun kritik silahkan ditulis pada komentar

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.