Slide-Slide Tentang Pembukuan Bendahara

Posted by Ben dahara Wednesday, 2 April 2014 6 comments
Slide-slide tentang pembukuan bendahara yang akan Ben posting kali ini terdiri 3 slide. Pertama slide PMK-162/PMK.05/2013 tentang Kedudukan dan Tanggung Jawab Bendahara Pada Satuan Kerja Pengelola APBN. Kedua Slide PER-03/PB/2014 tentang Petunjuk Teknis Penatausahaan, Pembukuan, dan Pertanggungjawaban Bendahara Pada Satuan Kerja Pengelola APBN serta Verifikasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara. Ketiga Slide tentang Aplikasi SILABI (Sistem Laporan Bendahara Instansi)

Slide PMK-162/PMK.05/2013

Slide ini membahas tentang Kedudukan dan Tanggung jawab Bendahara Pada Satker Pengelola APBN. Pembahasan dimulai dengan membanding peraturan sebelumnya, yakni PMK NO. 73/PMK.05/2008 dan PER-47/PB/2009 dengan PMK NO. 162/PMK.05/2013 dan NO. PER-3/PB/2014. Pada slide-slide berikutnya membahas tentang pengangkatan/pemberhentian bendahara, tanggungjawab bendahara, penatausahaan kas dan pembukuan bendahara.



Slide PER-3/PB/2014

Slide ini membahas tentang pembukuan bendahara, pemeriksaan kas bendahara, rekonsiliasi internal, penyusunan LPJ bendahara dan Verifikasi LPJ bendahara. Pada bagian teknis pembukuan bendahara membahas tentang dokumen sumber pembukuan dan diagram pembukuan bendahara. Diagram pembukuan ini semacam rumus yang menjadi pedoman bagi bendahara dalam melakukan pembukuan. Salah satu contohnya adalah jika bendahara membayar belanja dengan dana UP sebesar 1 juta, maka bendahara membukukan di BKU kolom kredit, BP Kas kolom kredit, BP UP kolom kredit dan buku pengawasan angaran sebesar 1 juta.




Slide Aplikasi SILABI (Sistem Laporan Bendahara Instansi)

Slide ini membahas tentang alur pembukuan bendahara menggunakan aplikasi SILABI. Aplikasi pembukuan bendahara nantinya akan menyatu dengan aplikasi SPM. Pada Aplikasi SPM akan ditambahkan user bendahara untuk input data, posting dan cetak laporan/buku bendahara. Pada slide belum dibahas teknis aplikasi SILABI, namun masih berupa gambaran umumnya saja.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Semoga artikel ini bermanfaat. Klik G+1 dan share via FB dan Twitter agar teman-teman lain ikut mendapatkan manfaatnya. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link http://bendahara-apbn.blogspot.com/2014/04/slide-slide-tentang-pembukuan-bendahara.html. Judul: Slide-Slide Tentang Pembukuan Bendahara
Ditulis oleh Ben dahara
Rating Blog 5 dari 5

6 comments:

goes taufiq said...

Sangat membantu sebagai pedoman.. Jempol buat Admin..

Ben dahara said...

sama-sama :)

kristoforus t Sh said...

susah downloadnya..

Burdianto said...

Ada Manual Silabi g mas

Ben dahara said...

manual silabi dah saya upload

Arief Yudha Kusuma said...

Apakah kita harus mrekam pembukuan menggunakan aplikasi silabi itu dr januari?

Post a Comment

Harap maklum jika komentar lambat dibalas

TEMPLATE CREDIT:
Ricky - Bamz | Copyright of Ben Dahara.